Musfiratul, Mahasiswa Pendidikan Matematika Angkatan 2014 Unsyiah PPL di Thailand

Musfiratul, Mahasiswa Pendidikan Matematika Angkatan 2014 Unsyiah PPL di Thailand

Sebagai seorang mahasiswi tentunya Musfiratul punya impian yang bernuansa luar negeri seperti keinginan melanjutkan studi keluar negeri atau travelling menghabiskan waktu liburan. Memiliki kesempatan untuk menginjakkan kaki ke negara Gajah adalah suatu hal yang belum terpikirkan dan ternyata sangat banyak tourist dari berbagai negara yang berminat untuk mengunjungi negara Thailand tutur Musfiratul spontan. Musfiratul akhirnya terpilih dalam mengikuti program SEA-Teacher Project yang diselenggarakan oleh SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization) di beberapa negara ASEAN. Program ini merupakan program tahunan yang dilakukan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan bulan Agustus. Unsyiah telah mengirimkan mahasiswa untuk ketiga kalinya pada program pertukaran mahasiswa PPL Internasional tersebut yang dijalani selama sebulan.

Musfiratul dan Rizqa Putri perwakilan dari prodi pendidikan matematika Unsyiah yang ditempatkan di negara Thailand tepatnya di Suratthani Rajabhat University (SRU), Suratthani, Thailand selama 7 Agustus s.d 5 September 2017. Suratthani merupakan salah satu provinsi yang berada di selatan Thailand dan terkenal dengan wisata pantainya seperti Koh Samui, Koh Tao dan sebagainya. Musfiratul juga ditempatkan di sekolah yang sama yaitu Kanjanaphisek Wittayalai Surrathani School (KJST). Sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang bersaing di tingkat internasional dan memiliki banyak kegiatan setiap minggunya. Kementrian Pendidikan Thailand menetapkan hari sekolah hanya Senin-Jumat dan waktu pembelajaran dimulai dari pukul 8.20 a.m sampai pukul 3.50 p.m, akan tetapi siswa sudah tiba di sekolah pada pukul 7.30 a.m karena mereka mengikuti upacara bendera dan berdoa setiap harinya. Hal ini menunjukkan bahwa jiwa patriotisme mereka sangatlah besar berbeda dengan Indonesia hanya mengadakan upacara bendera pada hari Senin saja.

Tampak depan KJST

 

Upacara bendera dan berdoa setiap pagi

Kegiatan PPL (Program Praktek Lapangan) ini dilakukan ke dalam 4 tahap yaitu observasi, teaching assistant, teaching practice dan refleksi. Pada minggu pertama di KJST, Musfiratul langsung melakukan observasi sekaligus diminta untuk menjadi asisten mengajar. Guru pamong yg bertugas bernama Ms. Fon, sekaligus sosok guru yang menjemput Musfiratul pada hari Senin pagi untuk kembali ke asrama KJST, hal ini dikarenakan jarak antara mansion dan KJST tergolong jauh. Oleh karena itu Musfiratul memiliki dua penginapan, asrama ketika weekday dan mansion ketika weekend. Ms. Fon meminta Musfiratul untuk mengajar di kelas matthayomsuksa 5 setara dengan kelas XI SMA di Indonesia untuk dua kelas unggulan yaitu 5/1 dan 5/2. Guru dan siswa di Thailand sangatlah ramah, ceria dan menyambut dengan baik. Guru bisa dijadikan teman oleh siswa tapi siswa tetap hormat kepada guru, tidak ada tekanan ketika proses pembelajaran, siswa dapat belajar dengan santai akan tetapi tetap memperhatikan penjelasan guru dengan baik. Guru mengajar menggunakan model langsung tanpa mengabaikan student center dengan cara meminta beberapa siswa untuk menjawab soal di papan tulis dan memeriksanya bersama siswa.

Disambut dengan kertas berbentuk hati oleh siswa

 

Bersama Ms. Fon

 

Banana cake dari siswa Muslim

 

Matthayomsuksa 5/1

 

Matthayomsuksa 5/2

Musfiratul mengajar pada bab fungsi trigonometri menggunakan model discovery learning dan pendekatan saintifik. Ketika mengajar saya membagi siswa ke beberapa kelompok belajar dan meminta siswa untuk mengerjakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan akan mempresentasikannya di akhir pembelajaran dengan cara kunjung karya. Siswa sangat kreatif dalam menyelesaikan masalah di kertas plano yang telah saya bagikan dan mereka juga sangat senang karena diakhir pembelajaran saya memberikan apresiasi berupa uang koin rupiah untuk grup terbaik. jelas Musfiratul.

Siswa berdiskusi sebelum guru menjelaskan materi

 

Siswa menyelesaikan soal di depan kelas

 

Membimbing siswa dalam kelompok belajar

 

Berdiskusi dengan siswa

 

Hasil Kerja Siswa

 

Bersama siswa kelas XI

 

Foto bersama grup terbaik

 

Bersama guru matematika KJST

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *